RIYADLOH YANG HAKIKI

  • Whatsapp

Oleh Ustad: Danial Lutfi AL Mahzuumi

Dalam dunia Thoriqoh ada yang di sebut dengan istilah Riyadloh yakni melatih diri untuk meningkatkan kekuatan jiwa supaya lebih siap melakukan berbagai ketaatan kepada Alloh SWT.

Di zaman kemursyidan Pangersa Abah Sepuh guru Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyah Suryalaya silsilah ke 36 para murid di gemleng dengan berbagai bentuk riyadloh (latihan ruhani) seperti

1. Melek / tidak tidur 40 hari
2. Nyampeu / tidak makan nasi 40 hari
3. Saefi / tidak bersentuhan kulit laki – laki dan perempuan 40 hari
4. Niis / tidak memakan makanan yang di masak api / ngabeuti 40 hari
5. Mandi kamanusaan / mandi 40 kali selama 40 malam
Dan lain – lain.

Bentuk riyadloh di atas adalah bertujuan untuk menguatkan hati dan jiwa para murid agar senantiasa hanya fokus kepada Alloh SWT. Karena sampai kapanpun unsur LAHUT (ruh) tidak akan bangkit kalau unsur NASUT (jasad) tidak di tekan atau di kurangi.

Namun di zaman kemursyidan Pangersa Abah AOS silsilah guru mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyah Suryalaya ke 38 dengan kemujadidannya menegaskan bahwa riyadloh itu bukan hanya puasa dan melek saja akan tetapi riyadloh yang sebenarnya adalah MENERIMA SEGALA SESUATU YANG KITA TIDAK INGINKAN. inilah yang sebenar – benarnya riyadloh, kita di paksa untuk menerima apapun takdir Alloh yang di tetapkan untuk kita semua walaupun menurut nafsu kita hal tersebut tidak di inginkan.

Bis Budiman

KM 21, 07:07 Wib

Sabtu 25 Jan 2020
Al-mahzuumi

*Penulis adalah Da’i dari TQN PP Suryalaya Dan dosen STID Sirnarasa¬†

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *