Hati-hati Mastah Palsu yang Menawarkan Jasa Digital Marketing

  • Whatsapp

SUDAH saatnya para UKM melek teknologi. Go Online. Kalau tidak, bisa kagugusur (tertinggal), Jadi tepat jika pada zaman kini jasa digital marketing telah menjadi primadona dalam dunia pemasaran.

Sebagian besar pebisnis sudah banyak yang meninggalkan bentuk pemasaran konvensional seperti spanduk, televisi, koran, dan sejenisnya untuk beralih sepenuhnya ke digital marketing.

Read More

Para pengusaha meyakini dengan digital marketing pemasaran lebih efektif dalam menjangkau para calon pembeli dengan biaya yang jauh lebih murah. Tingginya minat para pebisnis terhadap digital marketing telah mendorong maraknya penawaran jasa digital marketing di Indonesia.

Coba Anda cari di mesin pencari seperti Google, dengan kata kunci “jasa digital marketing” atau “jasa internet marketing” (note: banyak orang menganggap digital marketing sama dengan internet marketing, faktanya ada sedikit perbedaan mengenai dua hal ini), maka akan bermunculan banyak sekali situs yang menawarkan jasa untuk itu.

Tapi hati-hati banyak penyedia jasa digital marketing abal-abal. Mereka adalah para penjual teori belaka. Istilah para netter mereka dikelompokan sebagai orang penghisap darah dumay. Maksudnya pakar atau yang mengaku mastah dalam bidang internet marketing itu hanya mau duitnya saja dari para newbie (orang awam di bidang teknologi intenet.

Saya kerap ditawari oleh para penjual mimpi itu, mereka menawarkan paket kursus bisnis online tentunya dengan segudang mimpi indah. “Belajar sama saya dijamin dapat penghasilan Rp 100 juta perbulan,” kata salah seorang mastah (mas atah) meyakinkan saya.

Si mastah itu menawarkan paket kursus seharga Rp 3,5 juta tiga kali pertemuan. Dia menawarkan cara memasarkan produk melalui youtube. Alasannnya netter sekarang cenderung nonton daripada membaca.

Sayangnya si mastah itu tak bisa menunjukkan bukti bahwa dirinya sudah sukses jualan di Youtube. Dia hanya jualan teori saja, tanpa mempraktekannya. kalau soal teori banyak e-book atau website yang menyediakan tutorial tentang itu. Contohnya di forum ads.id.
Itulah cara saya belajar internet marekting, saya lebih menyukai belajar otodidak dan bergabung dengan forum-forum yang membahas tentang IM.

Jadi gurunya adalah Mbah Gugle. Sahabat saya Kang Riswanto dari Tasikmalaya juga bilang bilang sama saya, hati-hati dengan para mastah palsu yang menawarkan jasa pelatihan internet marketing. Toh mereka dapat uangya dari pelatihan itu, bukan dari jualan barangnya yang dipasarkan melalui internet. Pokoknya waspada ditipu sama para penghisap darah dumay.

Jadi menurut saya bagi para pemula sebaiknya Anda berhati-hati memilih tempat belajar bisnis online, tempat pelatihan, private mentoring, workshop internet marketing, dan lain sebagainya. Seringkali pemula atau bahkan yang sudah lama berkecimpung di bisnis online ‘terhipnotis’ oleh Sales Page yang berisi kata-kata ‘Ajaib’ dan Screen Shoot penghasilan orang lain, sehingga lupa akan logika yang benar tentang bisnis online. ()Mudah-mudahan Anda tidak termasuk.()

Related posts