Ngeblog Dapat Duit, Ya, Jadi Publisher Google Adsense

  • Whatsapp

google adsense setup Western UnionSebenarnya saya sudah ngeblog sejak tahun 2008. Waktu itu ngeblog di multiply.com. Tapi saya juga sudah punya blog wordprees. Yang di Multiply artikelnya sudah banyak. Apalagi foto-fotonya.

Saking hobinya ngeblog saya suka lupa waktu. Habis deadline (ngedit berita) saya langsung browsing and chating. Isi blog multiply itu 70 persen adalah berita seputar Tatar Priangan (Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Garut waktu itu Pangandaran masih dibawah kekuasaan Ciamis). Dalam blog itu juga saya pasang foto-foto narsis dan pengalaman meliput.

Read More

Saat ada peta Bloger tahun 2008 saya juga ikut hadir. Masih ingat tempatnya di gedung BPPT Jakarta. Blogger yang hadir adalah Nda Nasution, Raditya Dika dan Mbah Ndoro Kakung. Ada juga komunitas blogger Jogya, Bandung, Makassar. Saya datang sendiri tak gabung komunitas Bandung karena mmang belum gabung.

Tak banyak ilmu yang didapat dari pesta blogger tersebut. Sebab para peserta lebih suka makan makan dan melihat pameran dalam acara tersebut. Ketika itu juga mengenai blog bisa menghasilkan uang belum dibahas tuntas. Alias para blogger menganggap ngeblog adalah hobi. Apalagi google Adsense masih asing saat itu. Maklum pada tahun trsebut blog yang bisa dipasangi iklan google adsense adalah blog berbahasa Inggris.

Pulang dari Pesta Blogger saya makin gila browsing. Saya pun mulai mengenal wordpress. Dengan bantuan Mbah Google saya berhasil membuat dua blog. yang satu lupa paswordnya. Hanya sekedar ngeblog belum tahu bahwa ngeblog bisa menghasilkan uang,

Perkenalanku dengan google Adsense justru terlambat. Ketika rekan sekaerjaku Anep Paoji yang aku ajari ngeblog sudah berhasil membuat satu akun adsense aku pun malah cuek. Ya cuek karena dianggap ngak penting. Penyesalan yang terlambat itu terasa 6 tahun kemudian saat berita ngeblog bisa kaya raya  itu menyebar luas. Hingga tulisan ini disusun saya sudah dua kali daftar Google Adsene masih menunggu peninjauan tahap kedua. (*)

 

Related posts