Lapas Ciamis Bebas HIV/AIDS

  • Whatsapp

CIAMIS-Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis Wahidin mengemukakan bahwa Lembaga Pemasyarakatannya bebas HIV/AIDs. Sebab tak satu pun para tahanannya yang mengidap virus tersebut.

“Ini berdasarkan hasil zero survey yang dilakukan Dinas Kesehatan Ciamis beberapa bulan lalu. Dari 302 tahanan yang ada, tak seorangpun yang mengidap HIV/AIDS. Bahkan untuk memastikannya, Dinkes akan mengulang surveinya itu,” ujarnya kemarin.

Read More

Dia mengaku, di LP-nya banyak tahanan dengan kasus narkoba. Namun hasil penelitian, mereka itu tidak terlibat dalam aksi konsumsi narkoba jenis putau.

“Memang penyakit ini sangat rentan terhadap para tahanan. Karena ada back ground bahwa penyebab masuknya mereka itu karena menggunakan narkoba. Hanya saja para pengguna narkoba itu bukan dari jenis shabu-shabu yang akrab dengan jarum suntik. Tapi narkoba jenis ganja,” paparnya.

Bila pun ada tahanan yang terkena HIV/AIDS, timpal dia, akan mudah dideteksinya. “Saat bertugas di Lapas Cipinang saya sering bergelut dengan para pengidap penyakit ini. Makanya saya pasti akan bisa mendeteksinya jika di sini ada yang mengidapnya,” ujarnya.

Pihak Lapas, kata Wahidin, selalu sigap bila ada tahanan yang membutuhkan kesehatan. Pihaknya telah menyediakan fasilitas berupa poliklinik lengkap dengan obat-obatannya. “Bila ada tahanan yang sakit, poliklinik siap mengobati. Bahkan untuk darurat, kendaraan ambulan pun tersedia,” tandasnya. (ttm)

Related posts